160x600
160x600
Lifestyle

12 Menu Sahur Berkuah yang Lezat dan Sehat

193
×

12 Menu Sahur Berkuah yang Lezat dan Sehat

Sebarkan artikel ini
Menu sahur berkuah - sop daging - Foto by: Pixabay
Menu sahur berkuah - sop daging - Foto by: Pixabay

SEBARINDO.COM – Sebarian, sudah tahukah kamu betapa pentingnya sahur dalam bulan puasa? Ternyata, menu sahur berkuah banyak dipilih karena kelezatannya dan kemudahannya untuk dicerna. Alasan utamanya, kuah yang kaya akan air membantu menjaga hidrasi tubuh kita, yang sangat krusial mengingat kita akan berpuasa sepanjang hari. Selain itu, menu berkuah lebih mudah dicerna, sehingga perut tidak terasa berat dan memungkinkan kita memulai hari dengan lebih segar. Plus, siapa sih yang tidak suka menikmati kehangatan kuah di pagi hari? Ini memberikan rasa nyaman yang sempurna saat memulai puasa.

Ada beberapa tips juga, loh, Sebarian, untuk membuat sajian menu sahur berkuahmu menjadi lebih istimewa. Pertama, pastikan kamu menyajikannya selagi hangat untuk menikmati sensasi menggugah selera sekaligus mendapatkan kehangatan. Kedua, coba tambahkan irisan daun bawang atau seledri di atas sajianmu sebelum disajikan. Ini tidak hanya akan menambah aroma sedap tapi juga meningkatkan nilai gizi. Ketiga, kalau ada sisa kuah, jangan buru-buru dibuang. Simpan saja di kulkas dalam wadah tertutup. Dengan begitu, kamu bisa memanaskannya kembali untuk sahur berikutnya, menjadikan persiapan sahur lebih cepat dan praktis.

banner 325x300

Nah, di artikel ini, kita akan mengexplore aneka menu sahur berkuah yang tidak hanya lezat tapi juga menyehatkan. Jadi, jangan sampai kamu lewatkan, ya, Sebarian!

1. Sop Kacang Merah

Menu sahur berkuah - sup kacang merah - foto by: Pixabay
Menu sahur berkuah – sup kacang merah – foto by: istockphoto

Sebarian, perkenalkan resep sop kacang merah yang kaya nutrisi, sempurna untuk sahur. Pertama, siapkan bahan-bahannya. Kacang merah yang sudah direndam semalaman menjadi bintang utama. Kemudian, rebus kacang dengan air, serai, dan daun salam. Proses ini penting untuk menciptakan dasar rasa yang kaya.

Selanjutnya, tambahkan daging sapi. Opsional ini menambah tekstur dan rasa. Saat daging mulai empuk, waktunya untuk bumbu halus. Tumis hingga harum dan campurkan ke dalam rebusan. Langkah ini menggabungkan semua rasa menjadi satu kesatuan yang harmonis.

Masukkan wortel dan kentang, keduanya menambah kekayaan tekstur dan nutrisi. Jangan lupa irisan daun bawang dan seledri untuk aroma segar. Bumbui sesuai selera, kemudian masak hingga kuah mengental sedikit. Terakhir, sajikan sop hangat ini untuk sahur yang mengenyangkan dan menyenangkan.

Resep ini, Sebarian, tidak hanya enak tapi juga mengenyangkan. Dengan serat dan protein, sop kacang merah ini memberi energi yang dibutuhkan selama berpuasa. Cobain deh, pasti Sebarian suka!

2. Sup Daging

Menu sahur berkuah - sop daging - Foto by: Pixabay
Menu sahur berkuah – sop daging – Foto by: Pixabay

Kali ini, kita akan membahas cara membuat sup daging yang gurih dan kaya protein. Menu ini sempurna untuk menghangatkan sahurmu. Dengan kombinasi daging sapi, sayuran, serta bumbu pilihan, kita akan mendapatkan sajian yang lezat dan bernutrisi.

Langkah pertama, siapkan 500 gram daging sapi. Rebus daging dalam air mendidih hingga setengah matang. Buang buihnya untuk kuah yang lebih jernih. Proses ini memastikan dagingnya empuk dan kuahnya bersih.

Selanjutnya, tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, pala, dan merica. Aromanya yang harum akan menambah kelezatan sup. Masukkan bumbu tumis ini ke dalam rebusan daging. Ini akan menjadi dasar rasa sup yang kaya.

Tambahkan wortel dan kentang. Kedua sayuran ini tidak hanya menambah tekstur tapi juga vitamin dan mineral. Masak hingga sayuran empuk. Jangan lupa bumbui dengan garam, merica, dan penyedap rasa sesuai selera.

Menjelang akhir, masukkan tomat, daun bawang, dan seledri. Sayuran ini menambah kesegaran pada sup. Aduk rata dan masak sebentar lagi. Koreksi rasa, pastikan semua bahan telah menyatu dengan sempurna.

Untuk penyajian, Sebarian bisa sajikan sup daging selagi hangat. Sajian ini tidak hanya menghangatkan tapi juga memberi energi yang dibutuhkan selama berpuasa. Selamat mencoba resep ini di rumah. Pastinya, akan menjadi menu sahur favorit!

Baca Juga: 20 Menu Sahur Simple untuk Bulan Puasa yang Praktis dan Sehat

3. Sop Ayam

Menu sahur berkuah - sup ayam - Foto by: Pixabay
Menu sahur berkuah – sup ayam – Foto by: Pixabay

Selanjutnya, ada menu sop ayam yang simpel namun kaya akan nutrisi, sempurna untuk menu sahur. Resep ini tidak hanya mudah dibuat tapi juga lezat dan menyegarkan.

Awali dengan mempersiapkan 500 gram ayam. Rebus ayam dalam 2 liter air hingga mendidih. Buang buih kotoran agar kuah menjadi jernih. Langkah ini penting untuk menjamin rasa sop yang bersih dan segar.

Selanjutnya, masukkan wortel dan kentang ke dalam kuah. Bahan-bahan ini menambah tekstur serta nutrisi penting. Tunggu hingga sayuran empuk, menghasilkan kombinasi rasa yang sempurna.

Jika memilih menggunakan bumbu halus, tumis bawang putih dan merica bulat hingga harum sebelum memasukkannya ke dalam sup. Ini akan menambah kedalaman rasa pada sop.

Bumbui dengan garam, merica, dan penyedap rasa secukupnya. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian, tambahkan daun bawang, seledri, dan tomat. Langkah ini dilakukan menjelang akhir memasak untuk mempertahankan kesegaran sayuran.

Sebelum disajikan, koreksi rasa untuk memastikan sop sesuai dengan selera. Sop ayam yang hangat ini siap menemani sahur Sebarian, memberikan energi dan kehangatan yang dibutuhkan.

Sop ayam bukan hanya tentang kelezatannya, Sebarian. Lebih dari itu, sop ini menyajikan nutrisi lengkap yang diperlukan tubuh. Dari protein hingga vitamin, semua terkandung dalam satu sajian yang menyehatkan. Selamat mencoba dan menikmati sahur bersama sop ayam yang gurih dan menyegarkan ini!

4. Sayur Lodeh

Menu sahur berkuah - ilustrasi sayur lodeh - foto by: Pixabay
Menu sahur berkuah – ilustrasi sayur lodeh – foto by: Pixabay

Sebarian, mari kita bahas tentang sayur lodeh, hidangan tradisional yang kaya rasa dan nutrisi. Cocok banget nih untuk menu sahur yang lezat dan menyegarkan. Dengan kombinasi sayuran dan kuah santan, sayur lodeh jadi pilihan yang pas untuk memulai hari puasamu.

Pertama-tama, kita mulai dengan mempersiapkan bahan-bahannya. Campuran labu siam, kacang panjang, terong, tempe, jagung, dan melinjo menawarkan kekayaan tekstur dan rasa. Ditambah dengan santan yang membuat kuahnya menjadi kaya dan gurih.

Proses memasak dimulai dengan merebus santan bersama daun salam, serai, dan lengkuas. Ingat, gunakan api kecil agar santan tidak pecah. Selanjutnya, tumis bumbu halus sampai harum lalu campurkan ke dalam santan. Langkah ini penting untuk membangun dasar rasa yang kuat.

Setelah itu, masukkan labu siam, jagung, dan terong. Masak sampai sayuran ini mulai empuk. Kemudian, tambahkan kacang panjang, tempe goreng, melinjo, dan daun melinjo. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Bumbui dengan garam, gula, dan penyedap rasa sesuai selera. Pastikan semua bahan matang dan bumbu meresap sempurna. Koreksi rasa sebelum disajikan untuk memastikan kelezatannya.

Sebarian, sajikan sayur lodeh selagi hangat. Hidangan ini tidak hanya memanjakan lidah tapi juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjalani ibadah puasa. Semoga resep ini membuat sahurmu lebih berwarna dan penuh energi. Selamat mencoba!

5. Sop Iga

Menu sahur berkuah - sop iga - foto by: Pixabay
Menu sahur berkuah – sop iga – foto by: Pixabay

Siapa yang tidak tahu sop iga bisa menjadi sajian sahur yang gurih dan menghangatkan, sempurna untuk memulai hari puasamu?. Dengan iga sapi yang lembut dan kuah kaya rasa, hidangan ini pasti akan memuaskan selera saat sahur loh Sebarian!

Pertama, siapkan 500 gram iga sapi dan rebus dalam 2 liter air. Saat air mendidih dan kotoran mengapung, buang buihnya. Langkah ini penting untuk mendapatkan kuah yang bersih dan jernih.

Sambil menunggu, tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, merica, dan pala hingga harum. Kemudian, campurkan tumisan bumbu ke dalam kuah iga. Aromanya yang sedap akan langsung tercium.

Selanjutnya, masukkan potongan wortel dan kentang. Kedua sayuran ini tidak hanya menambah warna tapi juga nutrisi. Masak hingga sayuran empuk dan menyatu dengan kuah.

Bumbui dengan garam, merica, dan sedikit penyedap rasa jika suka. Aduk merata agar semua bahan terasa sempurna. Menjelang akhir, tambahkan potongan tomat, daun bawang, dan seledri untuk kesegaran ekstra.

Sebelum disajikan, cek rasa dan pastikan sop iga sesuai dengan selera. Sajikan selagi hangat. Sop iga yang lezat ini siap menemani sahurmu, memberikan kehangatan dan kelezatan yang tak terlupakan.

Sebarian, dengan resep sop iga ini, sahur kamu dijamin akan lebih bersemangat. Selamat mencoba membuatnya di rumah, dan nikmati setiap suapannya yang kaya akan rasa dan nutrisi!

6. Bakso

Menu sahur berkuah - bakso
Menu sahur berkuah – bakso – foto by: Pixabay

Siapa sih yang tidak tahu menu satu ini? bakso memang jadi salah satu kuliner yang banyak digemari. Apalagi saat disajikan hangat, kombinasi kuah yang gurih dengan bakso daging yang kenyal bikin sahur jadi momen yang dinantikan. Gimana kalau kita coba buat bakso sendiri di rumah? Pasti seru!

Untuk bahan baksonya, kita butuh daging sapi giling, tepung tapioka, dan beberapa bumbu seperti bawang putih, garam, merica, serta gula pasir. Jangan lupa, tambah es batu untuk menjaga teksturnya kenyal.

Campur semua bahan bakso, uleni sampai rata. Ini kunci untuk mendapatkan tekstur bakso yang sempurna. Bentuk adonan menjadi bola-bola dan rebus hingga mengapung. Ini tandanya bakso sudah matang sempurna.

Kuah baksonya juga tak kalah penting. Rebus air dengan bawang putih, merica, garam, dan kaldu sapi. Aduk sampai semua bumbu tercampur dan mendidih. Tambahkan irisan daun bawang dan seledri untuk aroma yang semakin menggoda.

Saat penyajian, taruh bakso dalam mangkuk, siram dengan kuah panas. Tambahkan mi, tauge, atau sayuran lain sesuai selera. Bakso buatan rumah siap dinikmati untuk sahur.

Well, dengan resep ini sahur kamu dijamin jadi lebih istimewa. Selamat mencoba membuat bakso sendiri di rumah. Nikmati kehangatan dan kelezatan bakso buatanmu yang bisa buat sahur jadi lebih bersemangat!

7. Lontong Sayur

Menu sahur berkuah - lontong sayur - foto by: istockphoto
Menu sahur berkuah – lontong sayur – foto by: istockphoto

Menu selanjutnya ada lontong sayur, yang memang jadi pilihan yang tepat untuk menu sahur. Kuah santannya yang kaya rasa, ditambah dengan beragam sayuran, membuatnya sempurna untuk memulai hari.

Pertama, siapkan lontong. Kamu bisa membuat sendiri dari beras yang dibungkus daun pisang atau memilih versi siap pakai. Keduanya praktis dan cocok untuk disajikan.

Langkah selanjutnya, kita fokus pada sayurnya. Tumis bumbu halus bersama daun salam dan serai. Aromanya yang harum akan segera mengisi dapurmu. Proses ini penting untuk membangun dasar rasa yang khas dan gurih.

Setelah bumbu terasa harum, tambahkan air dan biarkan hingga mendidih. Masukkan santan, labu siam, kacang panjang, dan wortel. Semua bahan ini akan memperkaya rasa dan nutrisi dalam sayurmu.

Jangan lupa bumbui dengan garam, gula, dan penyedap rasa. Aduk secara perlahan hingga sayuran empuk dan kuah mengental. Ini adalah saat yang tepat untuk menambahkan tempe goreng, memberi tekstur dan rasa yang lebih kompleks.

Saat penyajian, potong lontong sesuai selera dan letakkan di mangkuk. Tuangkan sayur santan panas di atas lontong. Dengan ini, lontong sayur siap memanjakan lidahmu di sahur.

Sebarian, lontong sayur ini bukan hanya mengenyangkan tapi juga menyegarkan. Cocok untuk menemani sahurmu, memberikan energi yang dibutuhkan untuk menjalani hari.

8. Sup Sayur

Menu sahur berkuah - sup sayur - foto by: Pixabay
Menu sahur berkuah – sup sayur – foto by: Pixabay

Sebarian, sup sayur bisa menjadi menu sahur yang sempurna bagi kamu yang mencari sesuatu yang segar dan menyehatkan. Dengan kombinasi berbagai sayuran, sup ini kaya akan vitamin dan mineral, sangat cocok untuk menyediakan energi selama berpuasa.

Mulailah dengan merebus air. Setelah mendidih, masukkan wortel, kentang, dan jagung manis. Ketiganya tidak hanya memberikan tekstur yang menarik tapi juga rasa manis alami.

Saat sayuran setengah empuk, tambahkan brokoli dan kacang polong atau buncis. Mereka akan menambahkan warna dan nutrisi yang beragam ke dalam supmu.

Bumbui dengan garam, merica, dan penyedap rasa. Aduk sampai merata untuk memastikan setiap suapan penuh dengan rasa yang seimbang dan menyegarkan.

Sebelum mengangkat sup dari api, masukkan irisan seledri dan daun bawang. Langkah ini akan menambahkan aroma segar yang meningkatkan cita rasa sup.

Jangan lupa untuk sajikan sup sayur ini selagi hangat. Hidangan ini tidak hanya memuaskan rasa laparmu tetapi juga memastikan kamu mendapatkan asupan gizi yang baik untuk memulai hari. Nikmati kelezatan dan kebaikan sup sayur ini saat sahur, dan rasakan perbedaannya sepanjang hari.

9. Bubur Ayam

Menu sahur berkuah - bubur ayam - foto by: istockphoto
Menu sahur berkuah – bubur ayam – foto by: istockphoto

Bicara soal menu sahur, bubur ayam adalah pilihan yang tak hanya lembut di perut tapi juga penuh kelezatan. Keunikannya terletak pada kombinasi bubur yang hangat dengan topping ayam yang gurih. Ideal banget untuk memulai hari puasa kamu dengan penuh energi.

Pertama, kita siapkan buburnya. Beras yang sudah dicuci bersih kita masak dengan air atau kaldu ayam. Penambahan serai dan daun salam, walaupun opsional, bisa memberikan aroma yang khas. Kunci dari bubur yang enak adalah teksturnya yang lembut, jadi pastikan beras benar-benar empuk.

Sambil menunggu bubur, kita buat topping ayamnya. Daging ayam yang sudah direbus dan disuwir kita tumis dengan bawang putih, ketumbar, garam, dan gula. Pemanasan ini penting untuk memastikan bumbu meresap sempurna ke dalam ayam.

Tak lupa, pelengkap seperti daun seledri cincang, bawang goreng, dan kedelai goreng atau emping menambah kenikmatan bubur ayam. Sambal, kecap manis, dan irisan jeruk nipis bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Sebarian, dengan sedikit usaha, bubur ayam lezat ini bisa jadi menu sahur yang menggugah selera dan menghangatkan perut. Selain lezat, bubur ayam juga mudah dicerna, menjadikannya pilihan tepat untuk memulai ibadah puasa. Selamat mencoba membuatnya di rumah, yuk!

10. Sayur Asem

Menu sahur berkuah - ilustrasi sayur asem - foto by: Pixabay
Menu sahur berkuah – ilustrasi sayur asem – foto by: Pixabay

Hidangan tradisional yang memberikan kesegaran khas di pagi hari ini adalah sayur asem. Cocok banget nih untuk sahur, karena rasanya yang segar bisa mengawali hari dengan penuh semangat.

Awalnya, kita siapkan bahan-bahannya. Kacang panjang, jagung, labu siam, melinjo, dan terong, semua dipotong dan siap dimasak. Campuran sayuran ini memberikan tekstur dan rasa yang beragam.

Proses memasak dimulai dengan mendidihkan air. Masukkan jagung terlebih dahulu, karena butuh waktu lebih lama untuk empuk. Kemudian, bumbu halus yang telah diulek atau diblender, ditumis hingga harum dan matang, menjadi kunci rasa yang kuat dan khas.

Selanjutnya, labu siam, kacang panjang, dan terong ditambahkan. Saat nyaris empuk, masukkan melinjo dan daunnya. Langkah ini penting untuk memastikan semua sayuran terintegrasi dengan baik.

Penambahan air asam Jawa, garam, gula, dan penyedap rasa menjadi tahap akhir. Aduk rata dan sesuaikan rasa sesuai keinginan. Proses ini memastikan kuah sayur asem kaya akan rasa dan sedikit mengental.

Hidangan ini tidak hanya lezat tapi juga menyehatkan, sempurna untuk menemani sahur. Selamat mencoba membuat sayur asem ini di rumah. Pasti sahur jadi lebih semangat dengan kehadiran sayur asem yang menyegarkan!

12. Sup Kambing

Menu sahur berkuah - ilustrasi sup kambing - foto by: Pixabay
Menu sahur berkuah – ilustrasi sup kambing – foto by: Pixabay

Selanjutnya ada sup kambing adalah pilihan yang tak hanya menghangatkan tapi juga menyehatkan. Daging kambing, sumber protein yang baik, bersama kuah yang gurih, menjanjikan energi berlimpah untuk berpuasa.

Kita mulai dengan bahan utama, 500 gram daging kambing, yang direbus bersama serai, daun salam, dan lengkuas. Proses ini penting untuk mengeluarkan aroma dan rasa yang khas dari bumbu.

Selanjutnya, siapkan bumbu halus dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, jintan, dan merica. Tumis bumbu ini hingga harum, sebuah langkah kunci untuk membangun lapisan rasa dalam sup.

Setelah itu, campurkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging. Tambahkan garam, merica, dan penyedap rasa. Aduk rata dan masak hingga daging empuk dan semua rasa menyatu sempurna.

Saat penyajian, tambahkan irisan tomat, daun bawang, seledri, dan jeruk nipis. Komponen-komponen ini menambah kesegaran dan meningkatkan cita rasa sup kambing. Sup kambing ini siap memanjakan lidahmu saat sahur, memberikan kehangatan dan energi untuk beraktivitas selama berpuasa.

12. Soto Ayam

Menu berkuah sahur - ilustrasi soto ayam - foto by: Pixabay
Menu berkuah sahur – ilustrasi soto ayam – foto by: Pixabay

Sebarian, mari kita bicara tentang soto ayam, hidangan sahur yang tidak hanya mengenyangkan tapi juga menghangatkan. Kuahnya yang gurih dan aroma rempah-rempahnya yang khas, memberikan sensasi kehangatan yang sempurna di pagi hari.

Untuk memulai, kita perlu menyiapkan bahan-bahannya. Ayam yang dipotong menjadi beberapa bagian menjadi bintang dari hidangan ini. Rebus ayam dalam air bersama serai, daun salam, dan lengkuas untuk menciptakan dasar kuah yang aromatik.

Setelah ayam empuk, angkat dan suwir. Sementara itu, panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum. Campuran bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, ketumbar, dan merica ini akan menambah kekayaan rasa pada soto.

Tambahkan tumisan bumbu ke dalam kuah ayam. Bumbui dengan garam dan gula, lalu aduk rata. Biarkan bumbu meresap untuk beberapa saat. Ini akan memastikan kuah soto kaya akan rasa.

Saat penyajian, siapkan soun yang sudah dilembutkan dengan air hangat, telur rebus, dan suwiran ayam dalam mangkuk. Tuangkan kuah panas di atasnya. Taburi dengan irisan seledri dan bawang goreng untuk menambah kelezatan.

Sajikan soto ayam ini dengan kecap, sambal, dan irisan jeruk nipis. Kombinasi ini menambah kekayaan rasa dan kesegaran pada setiap suapan. Sebarian, soto ayam siap menemani sahur kamu dengan kelezatan dan kehangatannya yang khas. Selamat menikmati!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *