160x600
160x600
Berita

Peninjauan Kesiapan Operasi Lilin 2023-2024 di Pelabuhan Merak Jelang Natal dan Tahun Baru

125
×

Peninjauan Kesiapan Operasi Lilin 2023-2024 di Pelabuhan Merak Jelang Natal dan Tahun Baru

Sebarkan artikel ini
Menko PMK
Foto menunjukkan suasana di Pelabuhan Merak, dengan latar belakang dermaga dan kapal penyeberangan. Di garis depan, terlihat Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, sedang Presscon kesiapan Operasi Lilin 2023-2024 untuk Natal dan Tahun Baru. Mereka dikelilingi oleh sejumlah petugas keamanan dan staf pelabuhan

CILEGON, SEBARINDO.COM – Menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, tim gabungan yang terdiri dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, melakukan inspeksi kesiapan Operasi Lilin 2023-2024 di Pelabuhan Merak-Bakauheni, Dermaga 6 Eksekutif, pada Sabtu (23/12).

Dalam kunjungan ini, Menko PMK Muhadjir Effendy memberikan gambaran kondisi terkini Pelabuhan Merak. “Pelabuhan ini masih longgar, tanpa lonjakan arus kendaraan. Kami berkoordinasi erat dengan BMKG Provinsi Banten untuk memantau kondisi Gunung Anak Krakatau,” ungkapnya.

banner 325x300

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan situasi di pintu Tol Cikupa. “Kami memantau debit kendaraan per jam masih di bawah 3000. Jika terjadi lonjakan, kami siap mengatur arus kendaraan untuk mencegah penumpukan di Pelabuhan Merak,” jelasnya.

Irjen Pol Aan Suhanan menekankan pentingnya sinergi antar-stakeholder. “Kami berharap kerjasama ini dapat menciptakan kondisi yang aman dan nyaman selama Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan untuk memeriksa kondisi fisik dan kendaraan mereka. “Pemudik harus menjaga diri dan berlaku tertib, agar kerjasama dengan petugas di lapangan berjalan lancar,” tambahnya.

Di lokasi, Kakorlantas mendapatkan pemaparan dari Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Firman Darmansyah dan melakukan rapat terbatas dengan stakeholder. “Kami bertujuan memperlancar proses penyebrangan, termasuk tertib administrasi tiketing dan antrian,” ucap Firman Darmansyah.

Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro menuturkan kondisi terkini Pelabuhan Merak. “Hari ini, situasi di pelabuhan sangat kondusif. Kami mengimbau pemudik untuk selalu memprioritaskan keselamatan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *