160x600
160x600
Berita

Pemkot Cilegon Fokus Rampungkan Pembangunan SMPN 14 dan 15 Tahun Ini

41
×

Pemkot Cilegon Fokus Rampungkan Pembangunan SMPN 14 dan 15 Tahun Ini

Sebarkan artikel ini
Pemkot Cilegon Fokus Rampungkan Pembangunan SMPN 14 dan 15 Tahun Ini

SEBARINDO.COM – Salah satu program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon adalah pembangunan empat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN), yakni SMPN 12 di Kecamatan Purwakarta, SMPN 13 di Kecamatan Jombang, SMPN 14 di Kecamatan Citangkil, dan SMPN 15 di Kecamatan Grogol.

Pembangunan SMPN 14 dan SMPN 15

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon, Heni Anita Susila, mengungkapkan bahwa dari empat SMP Negeri yang direncanakan, baru dua sekolah yang telah dibangun, yaitu SMPN 12 dan SMPN 13.

banner 325x300

“Sekarang pembangunan SMPN 14 dan SMPN 15 sedang dalam proses lelang. Mohon doa dan dukungannya, Insya Allah rencana tahun ini kita bangun,” kata Heni, sebagaimana dirilis oleh Diskominfo Kota Cilegon pada Selasa, 9 Juli 2024.

Menurut Heni, alokasi anggaran yang sudah disiapkan untuk pembangunan SMPN 14 dan SMPN 15 kurang lebih sebesar Rp7 miliar. Setelah proses lelang selesai, konstruksi fisiknya akan langsung dimulai sehingga diharapkan selesai pada akhir tahun ini.

Harapan Dindikbud dan Wali Kota

“Intinya mohon doanya saja kepada masyarakat supaya pelaksanaan pengadaan barang dan jasanya berjalan lancar sehingga pembangunan juga lancar dan pada tahun ajaran baru mendatang bisa ditempati gedung baru untuk SMPN 14 dan SMPN 15 ini,” jelas Heni.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, menekankan agar Dindikbud Kota Cilegon fokus membangun SMPN 14 dan SMPN 15 sehingga pada akhir tahun ini kedua sekolah tersebut dapat ditempati para siswanya.

“Saya minta Dindikbud agar tahun ini SMPN 14 dan SMPN 15 wajib jadi,” tegas Helldy.

Fokus pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

Helldy juga menambahkan bahwa keberhasilan memimpin sebuah daerah tidak hanya terletak pada pembangunan infrastruktur, tetapi juga pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Alhamdulillah, IPM Kota Cilegon sekarang meningkat menjadi 78,24 pada tahun 2023 dan capaian ini lebih besar dari Provinsi Banten yang mencapai 75,77 dan nasional 74,39. Ini tentu saja berkat kebijakan kami yang konsen ke pendidikan sebagai salah satu unsur penting dalam peningkatan IPM,” katanya.

Heni dan Helldy berharap bahwa proses pembangunan SMPN 14 dan SMPN 15 akan berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Mereka juga meminta dukungan penuh dari masyarakat Cilegon untuk turut mendoakan agar semua rencana yang telah disusun dapat terealisasi dengan baik.

Pembangunan sekolah-sekolah ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan di Cilegon, tetapi juga memberikan fasilitas yang memadai bagi para siswa untuk belajar dengan nyaman dan aman. Dengan adanya sekolah-sekolah baru ini, diharapkan jumlah siswa yang putus sekolah dapat berkurang dan kualitas pendidikan di Cilegon semakin meningkat.

Pemerintah Kota Cilegon berkomitmen untuk terus memperhatikan sektor pendidikan sebagai salah satu prioritas utama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Pembangunan empat SMP Negeri ini diharapkan menjadi langkah awal menuju tercapainya tujuan tersebut.

Dengan fokus pada peningkatan pendidikan, Pemkot Cilegon optimis bahwa ke depan, Kota Cilegon akan semakin maju dan berkembang, serta mampu bersaing dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *