160x600
160x600
BeritaIndustri

Peresmian Gelaran Aspal Plastik TPSA Bagendung: Kolaborasi Kota Cilegon dan PT. Chandra Asri Pasific Tbk

66
×

Peresmian Gelaran Aspal Plastik TPSA Bagendung: Kolaborasi Kota Cilegon dan PT. Chandra Asri Pasific Tbk

Sebarkan artikel ini

SEBARINDO.COM – Pemerintah Kota Cilegon dengan PT. Chandra Asri Pasific Tbk meresmikan gelaran aspal plastik sepanjang 146 meter di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Jumat, 3 Mei 2024.

Teknologi aspal plastik ini menggunakan hasil cacahan plastik sebagai bahan baku, yang diklaim mampu meningkatkan kualitas jalan hingga 40 persen.

banner 325x300

Eddy Rivai, Direktur Legal dan External Affair PT. Chandra Asri Pasific Tbk, menyatakan, “Kita telah melakukan pengaspalan aspal plastik yang kesekian kalinya. Kedepannya, diharapkan akan ada banyak proyek serupa di daerah lain karena konsep ini berasal dari sikular ekonomi, dimana bahan baku plastik yang tidak berguna diolah menjadi aspal yang bermanfaat.”

Lebih lanjut, Eddy menjelaskan bahwa proyek ini telah dilakukan di dua titik di Kota Cilegon, yaitu JLS dan Bagendung.

“Sampah plastik sebanyak 280 lembar dikumpulkan dari masyarakat, kemudian diolah menjadi campuran plastik dengan komposisi sekitar 5 persen. Hasil uji menyatakan bahwa penggunaan aspal plastik ini meningkatkan ketahanan jalan hingga 40 persen dibandingkan dengan aspal konvensional, ” Jelasnya.

Helldy Agustian, Walikota Cilegon, menyambut baik proyek ini dan mengatakan bahwa kota Cilegon akan menjadi tuan rumah untuk tamu dari kurang lebih 492 kabupaten/kota dalam rangkaian acara akopsi tanggal 6, 7, dan 8 Mei.

“Proyek ini merupakan proyek percontohan, di mana Kota Cilegon menjadi yang pertama kali menerapkan BPJP sesuai dengan Perpres 35 tahun 2018,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Heldy Agustian juga mempromosikan Chandra Asri kepada kabupaten/kota lain sebagai contoh keberhasilan dari penggunaan aspal plastik ini. Bagendung dipilih sebagai lokasi kunjungan karena keberhasilan proyek ini yang telah terkenal secara internasional.(MTA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *