160x600
160x600
Berita

Sukses! Perhelatan City Sanitation Summit (CSS) XXII AKKOPSI 2024 Ditutup, Kota Ternate Siap Jadi Tuan Rumah CSS XXIII AKKOPSI 2025

511
×

Sukses! Perhelatan City Sanitation Summit (CSS) XXII AKKOPSI 2024 Ditutup, Kota Ternate Siap Jadi Tuan Rumah CSS XXIII AKKOPSI 2025

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, Muhammad Syafei | Foto : MTA

SEBARINDO.COM – Perhelatan City Sanitation Summit (CSS) XXII AKKOPSI (Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi) tahun 2024, yang berlangsung di Ballroom The Royale Krakatau Hotel, Kota Cilegon, Provinsi Banten, dari tanggal 6 hingga 8 Mei 2024, telah sukses ditutup oleh Ketua Umum AKKOPSI dan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, Selasa, 7 Mei 2024.

Acara ini ditandai dengan seremoni penyerahan bendera secara simbolis dari Kota Cilegon sebagai tuan rumah CSS ke-XXII AKKOPSI 2024, kepada pemerintah Kota Ternate, yang akan menjadi tuan rumah untuk CSS XXIII AKKOPSI tahun 2025 mendatang.

banner 325x300

Ibnu Sina, dalam penutupan acara memberikan apresiasi kepada Wali Kota Cilegon dan Sekretaris Umum AKKOPSI, Helldy Agustian, atas kesuksesan penyelenggaraan CSS XXII AKKOPSI tahun 2024.

“Kami sangat berterima kasih kepada Wali Kota Cilegon yang sekaligus Sekretaris Umum AKKOPSI, pak Helldy Agustian, serta semua pihak yang telah berperan serta dalam menyelenggarakan CSS XXII AKKOPSI tahun 2024 di Kota Cilegon. Acara ini telah memberikan banyak pengalaman berharga bagi semua anggota AKKOPSI, dan kami berharap dapat bertemu kembali di Kota Ternate. Semoga Kota Ternate dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut isu-isu sanitasi yang menjadi perhatian utama,” ungkap Ibnu Sina.

Ibnu Sina juga menyoroti pentingnya memperhatikan wilayah Indonesia Timur melalui pemilihan Kota Ternate sebagai tuan rumah CSS XXIII AKKOPSI tahun 2025 mendatang.

“Perubahan tidak hanya harus terjadi di Pulau Jawa, tetapi juga di wilayah-wilayah lain seperti Sulawesi, Maluku, dan Papua. Melalui acara ini, kami berharap dapat lebih merangkul masyarakat Indonesia dalam menjaga sanitasi yang aman dan layak,” jelasnya.

Beliau menegaskan komitmen untuk mendorong sanitasi berbasis masyarakat sebagai solusi efektif dalam mengatasi tantangan sanitasi yang berbeda di setiap wilayah.

“Kami berkomitmen untuk mengkampanyekan perilaku hidup bersih, dimulai dari tingkat keluarga. Dan kami percaya bahwa perubahan perilaku ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat secara keseluruhan,” tambahnya.

Semenetara itu, Muhammad Syafei, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, saat ditemui usai kegiatan mengatakan, dirinya mengucapkan selamat kepada Kota Cilegon atas kesuksesan penyelenggaraan City Sanitation Summit (CSS) XXII AKKOPSI 2024. Pengalaman dan pengetahuan dari acara tersebut akan dia serap akan di adopsi ke wilayah di Ternate.

“Partisipasi kami dalam CSS XXII AKKOPSI 2024 membuka banyak peluang belajar, terutama dari Kota Cilegon. Kami terlibat dalam diskusi dengan pihak-pihak kompeten dari kementerian dan Pemda terkait isu-isu sanitasi. Kunjungan kami ke TPSA Bagedung juga memberi wawasan baru tentang pengelolaan sampah menjadi sumber energi yang bernilai ekonomis, yang merupakan hal luar biasa. Saat kami mengunjungi TPSA Bagedung, kami terkesan dengan minimnya bau di tempat pembuangan sampah tersebut. Hal ini menunjukkan kemajuan teknologi yang canggih,” ujar Syafei.

“Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum dan pengurus AKKOPSI atas keputusan menjadikan Kota Ternate sebagai tuan rumah City Sanitation Summit (CSS) XXIII AKKOPSI pada tahun 2025. Kami siap menyambut para peserta dengan baik dan memperlihatkan keindahan alam yang kami miliki,” tambahnya.

Lebih lanjut Syafei menerangkan, meski Ternate belum mencapai tingkat kesempurnaan seperti Kota Cilegon dalam hal sanitasi, dirinya berkomitmen untuk memperbaiki tersebut.

“Berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang kami peroleh dari CSS XXII AKKOPSI 2024 di Kota Cilegon, kami bertekad untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah. Kami berharap dapat mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat dalam waktu singkat, sehingga kami dapat menampilkan kemajuan tersebut dalam CSS tahun depan. Ini adalah tantangan yang kami hadapi, dan kami siap menghadapinya.” Pungkasnya.

Diketahui, kegiatan CSS XXII AKKOPSI 2024 dihadiri oleh perwakilan dari 166 kabupaten/kota, dengan total peserta mencapai 603 orang serta 24 wali kota dan bupati yang turut hadir secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *